Baju Jersey Bola

Copa America 2011 - Uruguay Favorit Juara

Posted by Unknown on Jumat, 22 Juli 2011

Copa America 2011 - Uruguay Favorit Juara
VIVA - BOLA,-  Uruguay diunggulkan merebut trofi Copa America 2011. Menantang Paraguay di Estadio Monumental Antonio Vespucio Liberti, Buenos Aires, Minggu (24/7), La Celeste diyakini akan mengangkat trofi.

Uruguay dalam optimisme tinggi untuk mencetak sejarah baru di Copa America. Pasukan Oscar Tabarez sudah mengemas 14 gelar sejak era South America Championship hingga era Copa America. La Celeste bertekad melampaui Argentina yang juga mengemas 14 trofi.

Menilik performa sepanjang 43 tahun Copa America digelar, Uruguay jauh lebih difavoritkan dan berpeluang lebih besar merebut gelar juara. La Celeste terakhir kali merebut trofi turnamen empat tahunan itu saat menjadi tuan rumah pada tahun 1995, mengandaskan Brasil dalam babak adu penalti.

Memang, bukan hal mudah bagi tim yang mengubur mimpi tuan rumah Argentina ini untuk mengulang sukses. Sebab Paraguay pun punya tekad yang sama untuk menjuarai edisi kali ini. La Celeste berharap Diego Martin Forlan Coraso atau Diego Forlan bisa bersinar di final.

Sejauh ini penyerang berusia 32 tahun itu belum mencetak satu gol pun dalam lima laga yang dimainkan. Striker yang telah tampil 78 kali bersama timnas dengan koleksi 29 gol itu bertekad buka puasa gol menghadapi Paraguay.

”Saya tidak akan menjadi gila tanpa mencetak gol. Percayalah waktu itu akan datang,” katanya dikutip Danbury News Times.

Uruguay beruntung memiliki Luis Suarez dan Alvaro Pereira. Dua nama inilah yang membawa Uruguay melaju ke final. Hingga kini Suarez masih menghuni puncak klasemen dengan koleksi tiga gol, sedangkan Pereira dengan dua gol. Suarez yang akan menjadi tulang punggung tim, tak jemawa menghadapi laga final nanti.

”Laga nanti yang paling sulit bagi kami. Namun kami akan terus mencari celah,” kata bomber Liverpool tersebut.

”Ini sebuah permainan tentang menyerang dan beruntung hal itu yang kami lakukan selama ini.”

Uruguay lebih difavoritkan keluar sebagai juara Copa America 2011. Apalagi catatan pertemuan kedua tim ini masih berpihak kepada tim juara dunia dua kali tersebut. Dari tujuh kali pertemuan, Diego Lugano dkk menang lima kali, sedangkan sisanya dimiliki Paraguay. Tabarez berjanji akan memaksimalkan pengalaman yang dimiliki La Celeste.

”Kami akan memaksimalkan seluruh pengalaman yang ada. Apalagi kami sudah mengenal permainan Paraguay. Pertandingan masih empat hari mendatang. Kami masih harus menjaga kebugaran,” ungkap Tabarez.

Sementara itu, Paraguay tidak mau terlalu banyak mengumbar pernyataan. Pelatih Gerardo Martino mencoba merendah dengan menyebut timnya underdog.

”Kami tidak difavoritkan,” ungkapnya dikutip Fox News.com.

”Tapi, kami juga memiliki mimpi menjadi juara,” tandasnya.

Namun sikap kalem yang ditunjukkan sang bos ternyata tak sejalan dengan penyerangnya, Nelson Valdez.

“Kami memiliki ambisi untuk memenangkan final nanti. Yang harus kami lakukan saat ini adalah mencoba untuk tetap merendah dan menjaga kepercayaan diri,” ujarnya. (fahmi faisa)