Baju Jersey Bola

Menunggu Siapa Raja Gol Piala Afrika 2013

Posted by Unknown on Selasa, 15 Januari 2013

Tips Pasaran Bursa Taruhan dan Prediksi Bola
BERITA BOLA,-  Benua Afrika sedang menantikan penunjukan raja gol baru di ajang Piala Afrika 2013, yang akan digelar di Afrika Selatan, mulai 19 Januari hingga 10 Februari 2013, mendatang. Puluhan striker dari 16 kontestan yang mengikuti pagelaran dua tahunan milik Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF).

Didier Drogba dengan 59 gol dari 90 pertandingan untuk Pantai Gading masih mengikuti turnamen ini. Ia masih difavoritkan sebagai top scorer. Mungkin untuk kali terakhir, mengingat usianya sudah menginjak 34 tahun. Tapi bomber Kamerun Samuel Eto'o absen bersama timnasnya, sehingga membuka peluang bagi talenta-talenta muda untuk unjuk kemampuan.

Pada turnamen terakhir yang dimenangi oleh Zambia, ada tujuh top scorer yang sama-sama membuat tiga gol. Dari antara mereka, beberapa nama masih mengikuti kompetisi 2013. Drogba, pasangan Zambia Chris Katongo dan Emmanuel Mayuka, Cheick Tidiane Diabate dari Mali, serta pemain Angola Manucho adalah penyerang-penyerang yang berpotensi merebut hadiah Sepatu Emas.

Meskipun demikian, diharapkan muncul sensasi baru untuk tahun ini. Pemain berusia 24 tahun Wilfried Bony adalah calon penerus Drogba di masa mendatang. Ia justru layak dipasang sebagai starter ketimbang Salomon Kalou atau Gervinho di skuad Pantai Gading.

Bony sementara ini bermain untuk klub Belanda Vitesse Arnhem. Musim ini, ia memuncaki daftar top scorer Eredivisie dengan koleksi 17 gol dari 18 pertandingan. Dibandingkan dengan yang lainnya, ia menjadi pemain paling tajam dari benua Afrika, yang mengoleksi banyak gol di liga terkemuka Eropa.

Masih dari Pantai Gading, ada penyerang berusia 22 tahun bernama Lancina Traore yang dipanggil pelatih Sabri Lamouchi lantaran sembilan golnya untuk Anzhi Makhachkala di Liga Primer Rusia. Catatan itu sedikit lebih bagus dari harapan Nigeria Ahmed Musa, yang membuat 8 gol untuk CSKA Moscow.

Manucho akan menjadi pesaing serius bagi mereka. Sempat mengenyam sejenak waktu bersama Manchester United, penyerang Angola berusia 29 tahun ini membuat 6 gol untuk klub Spanyol Real Valladolid. Dua di antaranya dilesakkan ke gawang Real Madrid, pekan lalu.

Kemudian juara bertahan Zambia tidak hanya memiliki Chris Katongo dan Emmanuel Mayuka, juga Jacob Mulenga, pemain Utrecht berusia 28 tahun. Sedangkan tuan rumah Afrika Selatan berharap pada Katlego Mphela, top scorer di kompetisi domestik selama tiga musim berturut-turut, meskipun ia baru kembali dari enam bulan absen seusai operasi lutut.

Penyerang Tottenham Hotspur Emmanuel Adebayor adalah nama besar terakhir yang pantas disebut. Ia kerap berada di bawah bayang-bayang Drogba dan Eto'o. Namun, ketajamannya di kompetisi Eropa sangat dibutuhkan oleh timnas Togo.


Baca Berita Lainnya :

Tenun Ikat Kaos Kediri BatikJersey