Baju Jersey Bola

Jelang Hadapi Bosnia-Herzegovina, Portugal Bermasalah

Posted by Unknown on Rabu, 09 November 2011

Hasil Pertandingan Piala Eropa 2012 Terbaru
VIVA - BOLA,-  Keterbatasan penyerang murni yang tajam masih menjadi masalah utama Portugal dalam memenangkan play-off EURO 2012 melawan Bosnia-Herzegovina, tanggal 11 dan 15 November 2011 mendatang. Pelatih Paulo Bento merekrut Helder Postiga, Nuno Gomes dan Hugo Almeida untuk mengisi posisi striker utama pada dua pertandingan tersebut.

Gomes merupakan bomber tersubur berkat torehan 29 gol dari 79 penampilan. Namun gol terakhir punggawa SC Braga itu di pentas internasional berlangsung tiga tahun lalu pada partai melawan Jerman di EURO 2008.

Postiga terakhir menyumbang gol pada Kualifikasi EURO 2012 melawan Islandia, 7 Oktober lalu. Total dia telah menciptakan 17 gol bagi Seleccao das Quinas —julukan Portugal.

click here click here click here

Sementara Almeida membukukan gol terakhirnya dalam laga kontra Siprus pada penyisihan turnamen yang sama pada 2 September (total 15 gol). Masalahnya Postiga dan Almeida bukanlah pencetak reguler bagi Portugal. Mereka kerap inkonsisten dan gagal mengisi lubang yang ditinggalkan Pauleta, top skor sepanjang masa Portugal lewat catatan 47 gol.

Opsi Bento pada sektor ini memang tidak banyak. Bomber naturalisasi Liedson makin uzur dan mulai dilupakan. Sementara Orlando Sa dan Joao Silva tidak berkembang sesuai harapan. Minimnya pilihan Bento bisa dilihat pada daftar top skor kompetisi domestik dua tahun terakhir.

Musim ini tidak ada pemain Portugal yang masuk lima besar. Papan atas kategori statistik ini diisi bomber impor, yaitu Baba Diawara, Ricky van Wolfswinkel dan Oscar Cardozo. Sementara pada 2010/ 2011, pemain tersubur Portugal adalah Joao Tomas yang sudah berusia 36 tahun (16 gol) disusul winger Silvestre Varela (10 gol).

Bento, seperti pendahulunya, Carlos Queiroz, sempat mencoba memecahkan problem ini dengan menggeser Cristiano Ronaldo menjadi ujung tombak. Tapi layaknya nakhoda Ronaldo di Real Madrid, Jose Mourinho, Bento sadar itu bukanlah posisi terbaik mantan pemain Manchester United tersebut. Ronaldo lebih optimal jika diturunkan sebagai winger.

click here click here click here

Dikembalikannya Ronaldo ke tempat asalnya inilah yang memulihkan petualangan Seleccao das Quinas di Kualifikasi Grup H. Tumbang dalam dua partai perdana, Joao Moutinho dkk hampir lolos otomatis sebelum akhirnya harus puas jatah play-off.

Ronaldo merupakan pemain paling produktif lewat lima gol. Kehadirannya di sayap berarti Bento akan fokus memaksimalkan kekuatan utama pasukannya, yakni menggunakan lebar lapangan untuk menumbangkan Bosnia pada leg pertama di Bilino Polje, Zenica, Jumat (11/11). Di pos ini, sumber daya Portugal sangat berlimpah. Mereka juga punya Luis Nani, Ricardo Quaresma dan Vieirinha.

”Portugal memiliki tim kuat yang dihuni pemain berbakat,” tutur Ronaldo, dikutip Reuters. (harley ikhsan)