Baju Jersey Bola

Kalahkan Wales 1-0, Inggris Makin Kokoh di Puncak Grup G

Posted by Unknown on Rabu, 07 September 2011

Kalahkan Wales 1-0, Inggris Makin Kokoh di Puncak Grup G
VIVA - BOLA,-  Inggris hampir pasti melangkah ke putaran final Piala Eropa 2012 setelah menang tipis 1-0 atas Wales dalam laga kualifikasi grup G, Rabu (7/9/2011) dini hari WIB.

Saat ini, Inggris kokoh dipuncak klasemen dengan 17 angka. Mereka hanya butuh hasil seri saat menjalani laga terakhir melawan Montenegro, 7 Oktober mendatang, untuk mendapatkan tiket ke putaran final.

Inggris mendominasi penguasaan bola di babak pertama, yaitu 64 persen. Sayangnya, keuntungan tersebut tak mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Inggris.

"The Three Lions" kesulitan dalam membongkar pertahanan tim tamu yang dikomandoi oleh Neil Taylor. Pasukan Fabio Capello bahkan jarang mengancam gawang Wales yang dikawal oleh Wayne Hennessey.

Malah, Rooney yang diplot sebagai striker tunggal harus turun ke bawah untuk menjemput bola karena minimnya pasokan bola dari tengah.

Beruntung, usaha keras Inggris bisa membuahkan hasil di menit ke-37. Menerima umpan silang dari Downing dari sisi kanan, Ashley Young langsung menyambar bola dengan kaki kanannya. Bola pun menerobos masuk ke dalam gawang tanpa bisa dihalau oleh Hennessey.

Inggris tetap tampil dominan di awal babak kedua. Tapi sayang, mereka juga masih gagal memanfaatkannya. "The Three Lions" memang sempat mengancam beberapa kali, namun tak satu pun yang membuahkan hasil.

Peluang emas didapat oleh Young pada menit ke-46. Sayang, meski sudah berdiri bebas Young gagal menundukkan Hennessey. Sementara ancaman dari Gareth Barry dan Frank Lampard belum menemui sasaran.

Memasuki menit ke-65, Wales mencoba keluar dari tekanan. Mereka perlahan-lahan mulai membangun serangan meski kerap gagal di tangan bek tuan rumah.

Peluang terbaik Wales didapat oleh pemain pengganti mereka, Robert Earnshaw pada menit ke-76. umpan matang dari Darcy Blake seharusnya bisa ia konversikan menjadi gol. Akibat kurang tenang, bola hasil sontekannya melambung tinggi diatas mistar gawang Inggris.

Jelang pertandingan berakhir, tuan rumah tampak tak terlalu bernafsu untuk menambah gol. Sisi sayap Inggris tak begitu aktif seperti babak pertama. Young yang awalnya begitu agresif tak lagi menunjukkan kelincahannya. Sementara Adam Johnson yang menggantikan peran Downing tampil biasa.

Hasilnya tak banyak peluang yang diciptakan Inggris. Kedudukan 1-0 pun akhirnya dipertahankan.

Susunan Pemain

Inggris : Joe Hart - Ashley Cole, John Terry, Gary Cahill, Chris Smalling, Gareth Barry, Frank Lampard (Scott Parker 73'), Stewart Downing (Adam Johnson 79'), James Milner, Ashley Young, Wayne Rooney (Andy Carroll 89')

Wales : Wayne Hennessey - Ashley Williams, Gareth Bale, Chris Gunter, Neil Taylor, Andrew Crofts, Joe Ledley, Darcy Blake, Aaron Ramsey, Jack Collison (Andrew King 85'), Steve Morison (Robert Earnshaw 67')