Baju Jersey Bola

Gagal di Copa America, Brasil Berambisi di Piala Dunia 2014

Posted by Unknown on Selasa, 19 Juli 2011

Gagal di Copa America, Brasil Berambisi di Piala Dunia 2014
VIVA - BOLA,-  Generasi baru Brasil gagal tampil memukau di tes pertama mereka setelah Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Neymar da Silva dan kawan-kawan tersingkir memalukan di babak perempat final Copa America 2011 setelah kalah adu penalti 0-2 (0-0) dari Paraguay di La Plata, Argentina.

Hingga pertandingan normal 120 menit berakhir, tak satu pun punggawa Selecao berhasil mencetak gol. Begitu juga ketika mereka harus menjalani adu penalti, karena bintang-bintang Brasil tak menunjukkan sinarnya. Sepertinya pasukan Mano Menezes tidak belajar banyak dari pertandingan sebelumnya saat ditahan imbang Paraguay 2-2 pada penyisihan Grup B.

Brasil terpaksa mengakui kekalahan dari tim asuhan Gerardo Martino itu. Kekalahan itu jelas membuat fans Selecao kecewa. Padahal fans Brasil sangat berharap Neymar dkk bisa mempertahankan gelar Copa America yang direbut Selecao -julukan Brasil- empat tahun lalu.

Semua komponen Selecao memang kecewa dengan hasil tersebut, termasuk kesedihan mendalam yang dirasakan Alexandre Pato, Neymar, Ganso dan Robinho. Mereka berusaha keras tetap bertahan di Copa America,tapi segala usaha mereka sia-sia. Mereka harus angkat koper dari Argentina lebih cepat.

“Hari ini (kemarin) memang bukan hari keberuntungan kami. Kami dipermalukan Paraguay. Kami harus bekerja lebih giat lagi,” ucap Neymar dilansir goal.com.

Hal serupa diungkapkan Robinho. Striker AC Milan itu menilai timnya sedang sial. Dia bahkan tak pernah membayangkan harus pulang dengan hasil seperti ini.

“Jika melihat pertandingan perempat final ini, kami sangat mendominasi. Kami tidak tampil buruk. Jadi sangat menyedihkan kami tidak bisa mempertahankan status juara,” tandasnya.

Kendati demikian, mantan pemain Manchester City itu berusaha berlapang dada. Menurut dia selalu ada hikmah di balik kegagalan seperti ini. Dia membandingkan kegagalan Selecao di Argentina ini akan menyerupai Copa America 2001 di Kolombia, dimana saat itu Brasil kalah 0-2 dari Honduras.

Namun demikian selanjutnya Selecao justru merebut supremasi tertinggi ketika ambil bagian di Piala Dunia 2002 Korea-Jepang. Di pesta empat tahunan itu Selecao tampil gemilang dengan merebut Piala Dunia untuk kelima kalinya. Karena itu, Robinho mengusung harapan serupa. Jika di Copa America 2011 mereka tampil buruk, namun tidak saat menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014. Brasil akan tampil maksimal untuk mengejar gelar juara.

“Kami harus menatap ke depan. Target besar kami menjadi juara Piala Dunia di negara kami pada 2014. Kami bisa melakukan banyak hal di sana. Kami yakin bisa mengulang sukses 2002,” tutur Robinho.

Sementara itu kiper Brasil Julio Cesar dan defender Lucio kemungkinan tidak akan ambil bagian lagi di timnas Brasil. Umur menjadi salah satu faktor mundurnya mereka dari timnas.

Bahkan mereka diprediksi tak akan memperkuat Brasil saat menjalani pertandingan persahabatan melawan Jerman, Agustus mendatang. Begitu juga menghadapi Argentina pada September 2011. (ramona)