Baju Jersey Bola

Lawan Turki dan Hungaria, Ujian Bagi Louis van Gaal

Posted by Rayatalit on Rabu, 05 September 2012

Tips Pasaran Bursa Taruhan dan Prediksi Bola
BERITA BOLA,- Pelatih Belanda, Louis van Gaal, akan mencoba memperbaiki peruntungan. Dia bakal menghadapi ujian sesungguhnya dengan dimulainya Kualifikasi Piala Dunia 2014. Menggantikan Bert van Marwijk, dia gagal mengangkat De Oranje pada duel persahabatan melawan negara tetangga Belgia, bulan lalu. Belanda takluk 2-4 pada pertandingan tersebut.

Van Gaal boleh menuding kebugaran sebagai alasan kekalahan. Digelar di awal kompetisi 2012/2013, mayoritas pemain masih membawa lemak sehabis berlibur musim panas. Banyak di antara mereka yang belum fit. Namun, faktor tersebut tetap dipertimbangkan mantan arsitek Bayern Munchen itu.

Karena itu, dia tidak memanggil kuartet Nigel de Jong, Rafael van der Vaart, Gregory van der Wiel dan Ibrahim Afellay. Van Gaal sejenak mengabaikan mereka mengingat keempatnya jarang diturunkan klub masing-masing akibat proses transfer yang dijalani.

“Meski begitu, pintu tetap saya buka bagi mereka. Keempatnya pemain berkualitas dan berpengalaman,” kata Van Gaal, dilansir Eurosport.

Van Gaal memang tidak boleh main-main. Laga melawan rival terbesar di Grup D, Turki, sudah menunggu di Amsterdam Arena, Jumat (7/9). Disusul kemudian laga menantang versus tuan rumah Hungaria, empat hari berselang. Belanda wajib memenangkan dua partai nanti demi mempermulus jalan menuju Brasil.

Dia tentu enggan pengalaman pahit satu dekade silam terulang. Pada periode pertamanya sebagai bondscoach De Oranje, Van Gaal gagal membawa tim lolos ke Piala Dunia 2002. Penyebabnya adalah ketidakmampuan meraih poin sempurna di dua duel awal. Ruud van Nistelrooy dan kawan-kawan saat itu ditahan Republik Irlandia (2-2) dan dibekuk Portugal (0-2) dalam persaingan Grup B. Belanda akhirnya mesti merelakan tiket otomatis dan jatah play-off kepada dua pesaing mereka tersebut.

“Saya cukup lama menunggu kesempatan membayar utang. Saya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini. Target saya adalah masuk semifinal Piala Dunia 2014. Itu tugas berat, tapi tidak mustahil,” tandas Van Gaal.
(harley ikhsan)


Baca Berita Lainnya :