Baju Jersey Bola

Liga Indonesia 2012/2013 Start Bulan November - Desember

Posted by Rayatalit on Jumat, 10 Agustus 2012

Tips Pasaran Bursa Taruhan dan Prediksi Bola
BERITA BOLA,- PT Liga Indonesia selaku pengelola kompetisi Indonesia Super League (ISL) mengadakan pertemuan resmi dengan 18 klub sepak bola yang akan berlaga di kompetisi ISL musim 2012/2013 mendatang, Rabu (8/8) malam kemarin di Hotel Park Lane Jakarta.

Pertemuan itu merencanakan kompetisi ISL akan mulai digelar pada November mendatang. Padahal Konfederasi Sepak bola Asia (AFC) pernah mengisyaratkan bahwa kompetisi di Asia akan dimulai pada Januari 2013.

"Bulan November dipilih supaya kompetisi berakhir di bulan Juni, ini karena kalau dipilih bulan Januari kompetisi akan berakhir di bulan Agustus atau September yang tentu saja overlapping dengan bulan puasa. Tentunya sangat tidak ideal kalau menggelar kompetisi di bulan puasa," kata CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono saat ditemui usai acara ISL Club Meeting di Hotel Park Line, Jakarta.

Mengenai tanggal resmi bergulirnya kompetisi tersebut, Joko sendiri masih belum dapat memastikan. Sebab pada bulan November-Desember juga berlangsung Piala AFF di Malaysia dan Thailand.

"Masih belum karena akan didiskusikan dengan Timnas Indonesia. Karena November-Desember berlangsung Piala AFF. Kami (PT Liga) berani untuk menggelar kick-off pada bulan itu, karena Indonesia bukan tuan rumah babak penyisihan," katanya.

Joko pun juga mengungkapkan bahwa kompetisi ISL musim depan bakal tetap dikuti oleh sebanyak 18 klub. "Kompetisi ini sangat ideal diikuti sebanyak 18 klub dan berjalan selama 8 bulan," kata Joko.

Dikatakan Joko, pihaknya telah mengevaluasi penyelenggaraan ISL musim lalu dan akan memperbaikinya di musim yang akan datang. Joko mengungkapkan bahwa dalam hasil evaluasi penyelenggaraan ISL musim lalu masih terdapat beberapa klub yang mengalami kesulitan finansial. Karena itu, untuk mencegahnya, kali ini ada aturan kompetisi yang lebih ketat mengenai urusan utang-piutang.

"Seluruh klub punya kebijakan, di mana rambu-rambu kompetisi yang akan datang, klub harus menyelesaiakan dulu tunggakan," ucap Joko.

Joko pun mengatakan kalau sebuah produk telah siap mensponsori gelaran ISL musim sepan. Meski masih dirahasiakan produk apa yang bakal menyokong kompetisi tersebut. "Sponsor sudah ada, sudah siap. Tapi saya tak mau ungkapkan barangnya dulu," ujar Joko.

Bahkan untuk pemanasan menjelang dimulainya kompetisi, beberapa pertandingan pramusim juga bakal digelar. "Tentunya laga pra musim juga akan digelar oleh klub-klub itu juga. Jadwalnya akan kita atur bersama," pungkas Joko.

Inilah Daftar 18 Klub Peserta Kompetisi ISL musim 2012-2013 :

Sriwijaya FC, Persipura Jayapura, Persiwa Wamena, Persela Lamongan, Persija Jakarta, Pelita Jaya, Persiba Balikpapan, Persib Bandung, Mitra Kukar, Persidafon Dafonsoro, Persisam Samarinda, Arema Indonesia, PSPS Pekanbaru, Persiram Raja Ampat, Gresik United, Barito Putra, Persekam Pamekasan, Persita Tangerang.


Baca Berita Lainnya :