Baju Jersey Bola

Belanda vs Belgia : Audisi Striker De Oranje

Posted by Rayatalit on Rabu, 15 Agustus 2012

Tips Pasaran Bursa Taruhan dan Prediksi Bola
BERITA BOLA,- Belanda harus menelan pil pahit tersingkir di babak penyisihan grup Piala Eropa 2012. Publik berharap pelatih anyar nya, Louis van Gaal, bisa menemukan solusi jitu untuk mengangkat prestasi Robin van Persie dan kawan-kawan.

Banyak kalangan menilai ketajaman De Oranje sudah jauh menurun. Itu semua bisa dilihat dari minimnya gol yang dicetak bomber mereka seperti Robin van Persie dan Klaas-Jan Huntelaar. Nama terakhir bahkan gagal mencetak sebiji gol pun.

Padahal, keduanya adalah Raja gol di kompetisi elit Eropa. Van Persie adalah topskorer Liga Inggris dengan gelontoran 30 golnya musim lalu, sementara Huntelaar menjadi yang tersubur di Bundesliga Jerman dengan koleksi 29 gol.

Wajar kalau fans Belanda yakin timnya bakal melaju mulus ke final. Dengan taburan pemain-pemain bintang seperti Rafael van der Vaart, Wesley Sneijder, Ibrahim Afellay, dan Arjen Robben, duet RVP dan The Hunter pastinya akan dimanjakan dengan umpan-umpan cantik.

Tapi, impian kadang memang tak sesuai dengan kenyataan. Mereka harus angkat koper di fase grup. Inilah yang kini menjadi pusat perhatian Van Gaal. Ia menilai baik Van Persie maupun Huntelaar belum mendapat jaminan tempat di tim inti.

Asisten pelatih Patrick Kluivert mengatakan, keduanya harus memulai lagi dari awal dan mengerahkan segenap kemampuan terbaiknya agar masuk dalam starting XI Oranje. Sejauh ini, Van Gaal memang belum memilih siapa yang akan menjadi andalan di lini depan.

Pada putaran final Euro 2012 di Polandia dan Ukraina, Pelatih Bert van Marwijk harus berjuang keras memilih salah satu dari keduanya. Akhirnya, Huntelaar yang harus menjadi korban demi memuluskan jalan sang Kapten Arsenal.

“Mereka berdua punya peluang yang sama untuk terpilih menjadi yang nomor satu. Tapi, mereka harus unjuk kemampuan karena pilihan Van Gaal mengacu pada hasrat mencetak gol dan kondisi kebugaran sang pemain," kata Kluivert kepada Goal.

Kluivert yang merupakan topskorer sepanjang masa Belanda itu lantas menegaskan pentingnya komunikasi antara pemain dan pelatih. Meski diperkuat banyak bintang, permainan Oranje di Polandia dan Ukraina lalu tidak sesuai harapan. Pasti ada udang di balik batu.

“Inilah tugas saya untuk menjembatani pemain dengan pelatih. Saya punya hubungan dekat dengan pemain dan bahkan pernah bermain bersama beberapa di antaranya. Ini modal saya," kata Kluivert.

Dengan komunikasi yang lancar di dalam maupun luar lapangan, staf pelatih bisa memastikan semuanya, mulai dari strategi dan hal lainnya berjalan lancar. Semua pemain melaksanakan tugasnya dengan baik.

Kluivert baru saja bergabung dengan Danny Blind sebagai asisten Van Gaal. Ketiganya akan mengemban amanah berat saat memimpin skuad Oranje melakoni laga uji coba melawan Belgia, tengah pekan ini, Kamis dini hari WIB nanti.


Baca Berita Lainnya :