Baju Jersey Bola

Akhirnya Lucas Moura Berlabuh di Ligue 1 Prancis

Posted by Rayatalit on Jumat, 10 Agustus 2012

Tips Pasaran Bursa Taruhan dan Prediksi Bola
BERITA BOLA,- Paris Saint-Germain berhasil merebut Lucas Moura dari genggaman Manchester United dan Inter Milan yang sama-sama menginginkan winger Sao Paulo berusia 19 tahun itu. Ia akan bergabung dengan PSG pada paruh kedua musim Ligue 1, Januari mendatang.

“PSG dan Sao Paolo telah mencapai kata sepakat dalam hal transfer Lucas Moura,‘ demikian situs resmi PSG mengumumkan pada Rabu (8/8) kemarin.

“Sang pemain akan bergabung dengan klub mulai Januari 2013 sampai Juli 2017. Dengan tambahan pemain muda sekelas Lucas Moura, maka PSG sudah siap menjawab tantangan masa depan.‘

Talenta muda Brasil dengan nama lengkap Lucas Rodrigues Moura da Silva itu sebelumnya adalah target utama dari Manchester United dan beberapa klub besar Eropa. “Setan Merah‘ bahkan dikabarkan telah menyodorkan tawaran sebesar 30 juta poundsterling.

Negosiasi Sao Paulo dan Manchester United hampir mencapai final. Lucas tinggal menandatangani kontrak untuk menyelesaikan semuanya. Tapi kemudian PSG menyerobot.

Direktur Olahraga PSG Leonardo memanfaatkan kedekatan sebagai sesama warga negara Brasil untuk membujuk sang pemain. Selain itu koper uang yang dibawa Leonardo juga jauh lebih besar. Isinya antara 44-45 juta euro, yang ternyata cukup untuk merebut hati para petinggi Sao Paulo dan mendapatkan tanda tangan Lucas.

Sir Alex Ferguson, manajer Manchester United, merasa jengkel karenanya. Ia mengecam kebijakan PSG dengan memberikan harga gila-gilaan untuk pemain yang akan berusia 20 tahun pada 13 Agustus mendatang.

Padahal, PSG juga baru membelanjakan uang untuk pemain-pemain bintang yang lebih berpengalaman seperti Thiago Silva, Zlatan Ibrahimovic, dan Ezequiel Lavezzi. Masing-masing individual tidak semahal itu. Semua merapat ke skuad asuhan Carlo Ancelotti demi alasan memenuhi ambisi PSG untuk menjuarai gelar pertama Ligue 1 sejak 1994 dan mengincar sukses di Liga Champions.

“Saya terheran-heran bagaimana sebuah klub mampu membayar sekitar 45 juta euro untuk mendapatkan seorang bocah berusia 19 tahun,‘ kata Ferguson di situs resmi Manchester United.

“Untuk meminta perhatian, untuk menunjukkan diri bahwa PSG ada di sini, mereka telah merekrut Thiago Silva dan Zlatan Ibrahimovic dari AC Milan, plus beberapa pemain lainnya. Sebulan lalu, saya kira mereka sudah menghabiskan dana sebesar 150 juta pounds untuk belanja pemain. Ini mungkin masuk akal jika melihat ambisi besar mereka. Tapi membeli bocah berusia 19 tahun dengan harga setinggi itu adalah sesuatu yang gila-gilaan.‘

Presiden Klub Inter Milan Massimo Moratti juga mengisyaratkan kritikan serupa. Ia menilai nominal yang dibayarkan PSG terhadap Lucas Moura yang juga diincarnya sungguh tidak masuk akal.

“Angka tersebut benar-benar sulit dipahami. Di luar jangkauan kami. Tapi kami paham bahwa PSG sedang memulai era baru, sehingga mereka benar-benar menggenjot kualitas pasukan dengan cara apa saja,‘ katanya.

Di lain pihak, keberhasilan Sao Paulo menjual Lucas Moura dengan harga sangat tinggi membuat Presiden Klub Santos Luis Alvaro kesulitan mematok harga yang tepat untuk striker muda Neymar.

Jika Lucas dihargai antara 44-45 juta euro, maka kesimpulan yang diyakini Alvaro adalah bahwa Neymar tentunya bernilai tak terkira. Neymar da Silva Santos Junior adalah sesama talenta muda Brasil. Usianya berusia 20 tahun. Ia bermain di Santos.

Banyak orang bilang, kemampuan mencetak gol dari Neymar lebih dibutuhkan ketimbang keahlian Lucas dalam menyuplai bola. Pendek kata, Neymar lebih baik ketimbang Lucas Moura. Real Madrid dan Barcelona adalah klub yang sementara ini masih bersaing untuk mendapatkannya.

“Kalau harga Lucas sebesar itu, maka saya sangat yakin kalau Neymar tak ternilai,‘ kata Alvaro kepada Lance. “Neymar pemain yang unik. Ia sangat istimewa, dan kini telah menjadi idola di pentas sepak bola Brasil dan internasional.‘

Artinya, jika Lucas Moura berharga 44-45 juta euro, berapakah pemain seperti Neymar hendak dijual ? Baik Lucas maupun Neymar adalah bintang tim Samba di Olimpiade London 2012. Mereka mencapai final dengan permainan memukau untuk berjumpa Meksiko, akhir pekan ini.


Baca Berita Lainnya :