Baju Jersey Bola

Bursa Transfer Musim Dingin : Shopping Time

Posted by Unknown on Minggu, 01 Januari 2012

Prediksi Bola
VIVA - BOLA,-  Dibukanya pasar transfer musim dingin, hari ini, membentangkan banyak kesempatan bagi pelaku sepak bola. Klub bisa menambal lubang yang terlihat pada paruh pertama kompetisi 2011/2012, sedangkan calon free agent dapat memikirkan masa depan.

Beberapa tim sudah bergerak sebelum bursa pemain dibuka. Arsenal selangkah lagi meminjam Thierry Henry. Everton bahkan resmi menggaet Landon Donovan. Sementara itu, harapan Chelsea memperkuat lini belakang segera terwujud menyusul diterimanya proposal sebesar 7 juta pounds terkait punggawa Bolton Wanderers Gary Cahill.

The Blues sebenarnya tidak perlu mengeluarkan dana jika mau sabar menunggu hingga akhir musim. Sebab kontrak Cahill bersama Bolton akan habis. Namun krisis cedera, dengan terkaparnya Branislav Ivanovic dan dijualnya Alex, memaksa Chelsea bergerak lebih cepat.

Periode Januari di kompetisi sepak bola Eropa memang memudahkan klub mengatasi masalah yang dihadapi, tapi bukan untuk mereka saja. Pemain yang ikatan kerjanya selesai pada akhir kompetisi juga boleh menyusun babak baru pada kariernya. Semua akibat peraturan Bosman. Kemenangan Jean-Marc Bosman pada Pengadilan Uni Eropa tahun 1995 membuka jalan bagi pemain profesional mencari pelabuhan anyar sejak enam bulan sebelum masa baktinya tuntas. Akibat hukum tersebut, banyak pemain dapat mempertimbangkan seluruh opsi yang tersedia demi menentukan langkah terbaik.

Peristiwa itu pun terjadi tahun ini. Kesetiaan Daniele de Rossi bersama AS Roma tidak pernah diragukan. Lahir dan besar di ibu kota Italia, dia merupakan simbol Roma setelah Francesco Totti. Namun nyatanya, De Rossi tidak kunjung meneken perpanjangan kontraknya yang tidak berlaku per Juni 2012 nanti. Sikapnya ini ditengarai niatnya menunggu tawaran yang lebih besar dari para peminat di Liga Primer, di antaranya Manchester City dan Manchester United (MU).

Selain De Rossi, ada beberapa nama yang menjadi free agent musim panas mendatang. Di Liga Primer ada Didier Drogba, Florent Malouda, Michael Owen sampai Tim Howard. Dimitar Berbatov (MU) dan Ledley King (Tottenham Hotspur) sempat masuk kategori tersebut. Namun penampilan impresif pada paruh pertama 2011/2012 mendorong klub induk masing-masing pemain mengajukan proposal baru.

"Tidak mungkin kami membiarkan King pergi. Dia bagian penting Tottenham. Saya yakin manajemen akan menjaganya baik-baik," ungkap Arsitek Tottenham Harry Redknapp, dilansir Daily Mail.

"Kami sempat memintanya bermain 20 kali jika mau diberi kontrak. Namun syarat itu tidak berlaku lagi. Sebab kalaupun King cuma tampil 10 kali, besar kemungkinan kami bakal meraih kemenangan. Kontribusinya sangat besar dan itu cukup meyakinkan manajemen agar mempertahankannya."

Di Spanyol, bintang besar yang segera berstatus free agent adalah bek Barcelona Eric Abidal. Sementara di Jerman hadir nama-nama veteran macam Claudio Pizarro, Michael Ballack dan Daniel van Buyten, hingga pemain mapan seperti Jefferson Farfan atau Rene Adler.

Pasar free agent menarik juga ada di Italia. Tidak hanya De Rossi yang bebas digaet klub ketika kompetisi 2011/2012 tuntas. Ada pula playmaker berbakat Fiorentina Ricardo Montolivo yang dibidik raksasa-raksasa Serie A, Cristian Chivu, Mathieu Flamini, Sulley Muntari dan Mattia Cassani.

Di luar negara-negara tersebut, klub juga dapat membidik bursa di Prancis, Belanda atau Portugal. Pada kawasan ini ada beberapa bintang yang perlu diperhatikan, mencakup Ederson (Olympique Lyon), Javier Saviola (SL Benfica), Alan Dzagoev (CSKA Moscow), Pablo Aimar (SL Benfica) dan Cristian Rodriguez (FC Porto). (harley ikhsan)