Baju Jersey Bola

Pertemuan Dead Lock, La Liga Spanyol Terancam Mundur

Posted by Unknown on Kamis, 18 Agustus 2011

Primera La Liga Spanyol
VIVA - BOLA,-  Para pemain yang tergabung dalam Asosiasi Pemain Sepak Bola Spanyol (AFE) terus menebar ancaman mogok bermain. Penyebabnya tidak ada jaminan bagi pemain ketika klubnya mengalami masalah finansial.

Sementara itu, sesuai jadwal Liga Primera (LFP) 2011–2012 sebenarnya akan dimulai akhir bulan ini. AFE dan penyelenggara Liga Primera telah bertemu kemarin (17/8). Namun pertemuan itu tidak menghasilkan kesepakatan apapun.

Pihak LFP tidak sanggup mencarikan solusi untuk masalah tersebut. Presiden LFP Jose Luis Astiazaran mengatakan, masih ada perbedaan besar antara kedua belah pihak. Dilansir dari Reuters, pembicaraan itu menemui jalan buntu.

”Tetapi, kami harus bergerak maju. Sebab kami telah sampai di titik tertinggi. Namun kami tidak bisa memberikan lebih dari apa yang kami miliki,” ujar Astiazaran.

Padahal sebelumnya Astiazaran sudah melobi beberapa pemilik klub di Spanyol, termasuk Presiden Real Madrid Florentino Perez dan Presiden Barca Sandro Rosell, untuk mencari solusi atas ancaman pemogokan AFE tersebut.

Dalam sepekan ini, ancaman mogok itu sangat santer di Spanyol. Terutama setelah sejumlah pemain tim raksasa di Negeri Matador tersebut memberikan dukungan, seperti Iker Casillas dan Xabi Alonso dari Madrid serta Carles Puyol dan Xavi Hernandez dari Barca.

Rencananya, pihak AFE dan LFP akan bertemu lagi Jumat (19/8) dengan sejumlah pemain dari 42 tim yang menghuni dua divisi teratas di Spanyol. Jika pertemuan kedua itu tetap berakhir tanpa hasil, tidak ada pilihan lain, selain menunda liga Spanyol sampai 10 September mendatang.

Saat ini sejumlah klub di Spanyol belum membayar gaji sekitar 200 pemain yang senilai USD 72 juta. Ada enam klub yang berada dalam perlindungan dari kebangkrutan di liga Spanyol, termasuk tiga klub yang baru dipromosikan. Klub-klub tersebut terancam didegradasi ke Divisi Tiga Spanyol bila benar-benar bangkrut. (jpnn)