Baju Jersey Bola

Menanti Kiprah Talenta Jepang di Bundesliga Jerman

Posted by Unknown on Kamis, 04 Agustus 2011

Menanti Kiprah Talenta Jepang di Bundesliga Jerman
VIVA - BOLA,-  Bundesliga Jerman musim 2011/2012 bakal kick-off akhir pekan ini. Uniknya, kompetisi sepak bola kasta tertinggi Jerman itu ternyata akan menjadi ajang unjuk keterampilan sembilan talenta berbakat Jepang.

Setelah Makoto Hasebe sukses mengantar VfL Wolfsburg juara Bundesliga 2008/2009, Shinji Kagawa (Borussia Dortmund) berjaya di Bundesliga 2010/2011 dan Atsuto Uchida (Schalke 04) meraih Piala Jerman 2010/2011 plus Piala Super 2011, kini layak dinanti bintang Jepang yang akan bersinar.

Apakah Takashi Usami bersama Bayern Muenchen, Tomoaki Makino (FC Koln), Hajime Hosogai (FC Augsburg), Takashi Inui (VfL Bochum), Shinji Okazaki (VfB Stuttgart) atau Yuki Otsu (Borussia Moenchengladbach)?

“Kagawa, Hasebe dan Uchida adalah contoh sukses pesepak bola Jepang di Jerman. Mereka luar biasa. Tentu saja saya ingin mengikuti jejak teman-teman mengangkat trofi,” ujar Usami dikutip espnstar. com.

“Saya percaya akan mampu mewujudkannya. Sebab saya membela klub terbaik Jerman. Meski tekanan di klub sangat besar, saya menikmatinya,” kata pemain yang dipinjam dari Gamba Osaka itu.

Dengan reputasi FC Hollywood sebagai klub Jerman yang paling sukses di Bundesliga maupun kompetisi Eropa, peluang Usami mengikuti jejak Hasebe dan Kagawa sangat besar. Hanya Usami harus bekerja keras bila benar-benar ingin seperti Hasebe, Kagawa, maupun Uchida yang menjadi andalan klub masing-masing. Sebab dengan banyaknya pemain depan bertalenta di Allianz Arena, Usami harus berjuang sekuat tenaga saat latihan untuk meyakinkan Pelatih Jupp Heynckes.

Saat Bayern tampil di Audi Cup, Usami ikut tampil. Meski Bayern dikalahkan Barcelona di final, aksi-aksi pemuda kelahiran Nagaokakyo, 6 Mei 1992, itu menuai decak kagum. Beberapa kali umpan terobosan maupun sepakan jarak jauh Usami nyaris berujung gol.

“Tampil di Audi Cup membuat saya senang. Saya mendapat kesempatan melawan pemain-pemain hebat. Mudah-mudahan pelatih puas dengan penampilan saya di turnamen itu,” ucap pemilik nomor punggung 14 itu.

Selain Usami, pemain muda Jepang lain yang layak diperhatikan adalah Okazaki. Pemain yang datang ke Jerman pada 30 Januari 2011 itu berpeluang menjadi andalan Stuttgart di sektor sayap. Terbukti pada paruh pertama Bundesliga 2010/2011, mantan punggawa Shimizu S-Pulse itu mendapat kepercayaan tampil 12 kali dari 17 laga Stuttgart dengan torehkan dua gol. Musim ini, Pelatih Bruno Labbadia dikabarkan siap memberi porsi tampil lebih banyak kepada Okazaki.

Seperti Okazaki, harapan agar mampu bersinar di Bundesliga 2011/2012 juga dialamatkan kepada Otsu sebagai rekrutan anyar Gladbach. Dengan usia yang masih 21 tahun plus bakat besar yang ditunjukkan bersama tim junior Samurai Biru, Pelatih Lucien Favre cukup yakin dengan kemampuan Otsu.

“Saya melihat banyak hal positif dalam dirinya. Namun saya juga tidak akan tergesa-gesa mengambil keputusan. Bila tampil bagus saat latihan, kesempatan Otsu masuk starting line-up sangat besar,” pungkas Lavre, dilansir Kicker. (andri ananto)