Baju Jersey Bola

Jadwal Kompetisi Liga Primer Inggris Terancam Mundur

Posted by Unknown on Rabu, 10 Agustus 2011

Jadwal Kompetisi Liga Primer Inggris Terancam Mundur
VIVA - BOLA,-  Gong Kompetisi Liga Primer Inggris musim 2011/2012 terancam tidak akan dipukul pada 13 Agustus mendatang. Kerusuhan massa yang melanda Inggris membuat Football Association (FA) berniat merevisi jadwal.

Liga Primer seharusnya bergulir pada Sabtu (13/8) waktu setempat dengan menyajikan tujuh pertandingan. Tapi karena alasan keamanan, semua laga itu berpotensi diundur. Pasalnya, kekacauan yang terjadi di Negeri Ratu Elizabeth II semakin luas.

Awalnya hanya pertandingan di London yang akan ditunda mengingat kerusuhan berpusat di ibu kota. Laga tersebut adalah Tottenham Hotspur versus Everton, Fulham kontra Aston Villa dan Queens Park Rangers (QPR) melawan Bolton Wanderers. Tapi belakangan aksi kekerasan massa telah merambah ke Manchester, Birmingham dan Liverpool. Karena itulah FA bermaksud menunda semua pertandingan awal. Apalagi pihak kepolisian tidak bisa menjamin keamanan di lokasi pertandingan.

“Kami tengah mendiskusikan dengan klub-klub yang berbasis di London, kepolisian daerah metropolitan dan otoritas setempat terkait jadwal pertandingan akhir pekan ini di ibu kota. Kami sangat sedih dengan kerusuhan yang sedang terjadi,” bunyi keterangan FA dalam situs resminya yang dikutip Guardian.

FA menyatakan akan berkonsultasi dulu dengan sejumlah pihak, baik kepolisian, klub dan pemain sebelum membuat keputusan. Karena untuk mengamankan satu pertandingan diperlukan minimal 100 personel polisi.

Sementara tenaga mereka diperlukan di tempat kerusuhan untuk meredakan keadaan. Sejumlah pemain menyarankan agar Kompetisi Liga Primer ditunda lantaran cemas dengan keselamatan mereka. Maklum aksi para perusuh semakin brutal. Mereka tidak segan-segan merusak fasilitas umum atau melakukan penjarahan. Apalagi insiden ini sudah menelan korban jiwa.

“Saya tidak bisa membayangkan jika kondisi seperti ini masih berlanjut pada hari Sabtu (13/8). Saya mendukung dibatalkannya pertandingan. Saya melihat kondisi London dan Inggris di televisi dan itu sungguh tak dapat dipercaya,” ujar gelandang serang Tottenham Rafael van der Vaart, dikutip The Sun.

Van der Vaart berada di Belanda sebagai persiapan pertandingan melawan Inggris, yang kemudian dibatalkan.

Komentar senada dilontarkan bek Manchester United (MU) Rio Ferdinand. “Siapa yang ingin menyaksikan pertandingan sepak bola jika kondisi negara ini seperti ini ?” tulis Ferdinand dalam akun Twitter-nya.

FA akan segera mengeluarkan keputusannya apakah Liga Primer Inggris akan berlangsung sesuai jadwal atau tidak. “Metropolitan (kepolisian) telah menginformasikan tentang situasi terkini di London mulai dapat dikendalikan dan akan melakukan review terhadap situasinya pada Kamis (hari ini) serta memberikan pernyataan publik saat itu juga,” tambah FA.

Apa pun itu, kerusuhan di Inggris sudah menyebabkan sejumlah pertandingan tertunda, seperti di Piala Liga (Carling). Dua laga putaran pertama antara Charlton Athletic kontra Reading dan West Ham United versus Aldershot Town terpaksa diundur. Duel Bristol Rovers dengan Watford serta pertemuan Oxford United meladeni Cardiff City juga dijadwal ulang. (m mirza)