Baju Jersey Bola

Chelsea Masih Membutuhkan Gelandang Yang Kreatif

Posted by Unknown on Senin, 18 Juli 2011

Chelsea Masih Membutuhkan Gelandang Yang Kreatif
VIVA - BOLA,-  Hasil laga perdana Andre Villas-Boas bersama Chelsea membuktikan pentingnya kehadiran gelandang kreatif. Meski mengalahkan Portsmouth dengan skor 1-0, The Blues nampaknya butuh pemain seperti Luka Modric. Bukan semata karena gol diciptakan lewat bunuh diri bek The Pompey asal Israel, Tal Ben Haim, melainkan juga kurang berkembangnya lini tengah Chelsea.

Fakta menunjukkan, keinginan Villas-Boas membuat Chelsea seperti FC Porto yang mengandalkan umpan-umpan pendek plus manuver-manuver cerdik para gelandang sama sekali tidak terlihat ketika beruji coba melawan Portsmouth di Fratton Park. Justru, aroma sepak bola Inggris dengan umpan-umpan panjang yang tercium menyengat.

”Ini baru pertandingan pertama dan saya tidak memberikan beban berlebih kepada pemain. Tujuan laga tadi untuk melihat bakat para pemain. Kami masih memiliki banyak waktu. Saya pasti akan melakukan evaluasi. Tim ini harus melangkah setahap demi setahap. Saya tidak akan melakukan perubahan radikal karena justru akan merugikan tim ini,” papar Villas-Boas, dikutip The Telegraph.

Namun Villas-Boas juga tidak menutup kemungkinan Chelsea akan mendatangkan pemain baru di lini tengah. Tanpa ragu, mantan asisten Jose Mourinho itu menegaskan berniat mendatangkan Luca Modric.

Kabar terbaru menyebut, Chelsea telah mengajukan tawaran 30 juta pounds kepada Tottenham Hotspur untuk mendapatkan bintang Kroasia itu. Hanya saja Tottenham Hotspur sepertinya enggan memberi Chelsea izin melangkah ke tahap negosiasi intensif. Sebelumnya Chelsea menawarkan 22 juta pounds.

”Transfer Modric tidak tergantung kepada kami, melainkan Spurs. Wajar bila mereka mempertahankan Modric. Sebagai pemain yang terikat kontrak, Tottenham memiliki hak penuh. Modric adalah pemain mereka. Dia properti yang sangat berharga. Bila transfer terjadi, terjadilah. Bila tidak, bukan masalah. Saya hanya bisa mengatakan, kita tunggu perkembangannya,” ujarVillas-Boas.

Sejauh ini di transfer window musim panas, Chelsea belum banyak melakukan penambahan pemain. Sejumlah bintang yang sebelumnya berada dalam agenda belanja belum dapat direalisasikan. Neymar, Sergio ‘Kun’ Aguero, Radamel Falcao Garcia, Alexis Sanchez hingga Luca Modric masih belum tampak akan benar-benar merapat ke Stamford Bridge.

Meski Chelsea selalu mengajukan jumlah nominal yang lebih besar dari klub-klub lain, tampaknya para pemain buruan berpikir dua kali hijrah ke London Barat.

Sebaliknya satu pemain yang telah sukses digaet Chelsea adalah kiper muda Belgia Thibaut Courtois. Dengan harga 7,9 juta pounds, palang pintu kelahiran 11 Mei 1992 itu diproyeksikan menjadi pelapis Peter Cech maupun Henrique Hilario. Bahkan, ada kemungkinan Courtois akan terlebih dulu dipinjamkan ke klub lain di luar Inggris agar memiliki cukup pengalaman bertarung di kompetisi level tinggi seperti Liga Primer. Apalagi posisi Cech sebagai kiper utama dan Hilario (cadangan) belum tergoyahkan.

Selain belum ada pemain buruan yang berhasil didatangkan, Chelsea ternyata lebih memilih memperpanjang kontrak sejumlah pemain muda berbakat lulusan akademi. Dua di antaranya Josh McEachran dan Ryan Bertrand yang diikat jangka panjang.

McEachran dan Bertrand merupakan pemain muda yang tampil bagus di level junior bersama Chelsea maupun timnas Inggris. Kedua pemain diyakini akan menjadi bintang yang bersinar pada masa mendatang.

”Saya masih muda dan butuh pengalaman. Saya harus bekerja keras dan belajar banyak agar menjadi pemain hebat pada suatu saat nanti. Musim depan target saya adalah meyakinkan pelatih agar memberi kesempatan bermain lebih banyak,” kata McEachran. (andri ananto)