Baju Jersey Bola

Bila RD Gagal, Persib Disarankan Rekrut Jacksen

Posted by Unknown on Minggu, 24 Juli 2011

Bila RD Gagal, Persib Disarankan Rekrut Jacksen
VIVA - BOLA,-  Mantan pemain dan pelatih Persib Bandung, Risnandar Soendoro, menyarankan manajemen Maung Bandung menyiapkan alternatif atau calon pengganti jika Rahmad ‘RD’ Darmawan tidak dilepas oleh PSSI ataupun Persija Jakarta.

Pria yang akrab disapa Opung ini mengatakan, pelatih yang setara dengan RD dan layak menukangi Eka Ramdani dkk jika RD gagal direkrut adalah Jacksen F Tiago. Kemampuan pelatih asal Brasil yang sukses mengantarkan Persipura Jayapura menjuarai Indonesia Super League (ISL) musim 2010/2011 itu sudah tidak perlu diragukan lagi.

”Mempersembahkan gelar untuk Persebaya Surabaya di Divisi Utama dan gelar untuk Persipura Jayapura menjadi bukti nyata bahwa Jacksen pelatih hebat. Jacksen mampu memadukan pemain lokal dengan asing yang berkualitas bagus,” tutur Opung.

Dia melanjutkan, keinginan Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar mendatangkan pelatih terbaik tentu sangat beralasan. Umuh ingin Maung Bandung meraih prestasi di ISL 2011/2012.

”Pelatih yang diusung manajemen tentu merupakan pelatih yang memiliki banyak pengalaman dan prestasi. Manajer mungkin sudah mengantongi yang terbaik. Tapi saya pikir pelatih terbaik saat ini adalah Jacksen. Dia selalu berhasil membawa tim juara. Namun yang paling penting, pelatih terbaik adalah pelatih yang mampu menyatukan hati pemain. Kalau nggak bisa ya sulit, tidak mungkin bisa juara,” papar Opung.

Risnandar mengatakan, siapa pun pelatih yang akan didatangkan manajemen untuk menukangi Maung Bandung musim depan, sang pelatih harus mampu menyatukan hati antara pelatih dan pemain agar dapat berjalan kondusif. Dia menilai kegagalan musim lalu karena pelatih gagal menyatukan pemain.

Menurut dia, di antara pemain masih ada blok sehingga permainan tim tidak kompak. Selain itu, pelatih yang didatangkan harus meningkatkan kedisiplinan pemain agar mental tim terbentuk. (mohamad taufik)