Baju Jersey Bola

Saran Johan Cruyff untuk Tito Vilanova

Posted by Rayatalit on Minggu, 02 Juni 2013

Tips Pasaran Bursa Taruhan dan Prediksi Bola
BERITA BOLA,-  “Dalam kondisi dia seperti ini tidak disarankan untuk tetap meneruskan pekerjaan melatih. Saya pernah menjalani operasi jantung. Bisakah anda menangani Barcelona jika tidak bugar 100 persen?‘ kata Johan Cruyff kepada Catalunya Radio.

“Saya mengatakan kepada Tito (Vilanova) untuk menjaga diri dia sendiri. Dia tidak kuat dan berpengalaman seperti Pep Guardiola. Dia memiliki masalah besar lantaran penyakitnya dan kesehatan harus diutamakan,‘ lanjut Cruyff yang juga mantan pemain dan pelatih Barcelona.

Tito Vilanova yang sekarang menangani Barcelona memiliki masalah kesehatan. Pelatih berusia 44 tahun itu sempat menjalani operasi pengangkatan tumor pada 2011. Namun mantan asisten Pep Guardiola itu harus kembali menjalani perawatan setelah tumornya kembali muncul dan melakoni penyembuhan pada Desember 2012.

Dia harus absen dalam beberapa bulan pada musim kompetisi 2012/2013 lantaran menjalani masa penyembuhan. Posisi Vilanova digantikan oleh asistennya Jordi Roura. Prestasi Barcelona sempat limbung saat ditinggalkan oleh Vilanova. Dia akhirnya kembali menangani Barcelona pada April 2013. Beruntung kalau La Blaugrana masih sempat mengamankan satu trofi yaitu Liga Primera Spanyol.

Cruyff berharap Vilanova menyembuhkan penyakitnya dulu sebelum berfokus melatih klub. Cruyff sendiri pernah menjalani operasi jantung pada 1991 silam. Ketika itu, Cruyff adalah perokok berat yang menghabiskan 20 batang rokok per hari. Setelah menjalani operasi, dia berhenti merokok, melakoni masa penyembuhan, dan kembali melatih lagi.

Cruyff memang memiliki kepedulian terhadap Barcelona. Legenda sepak bola ini pernah bermain di Barcelona dari 1973 hingga 1978 dan memenangkan 1 gelar Liga Primera Spanyol dan 1 Copa del Rey (Piala Raja Spanyol). Dia kembali lagi ke Barcelona sebagai pelatih pada 1988 hingga 1996. Cruyff memenangkan 4 Liga Primera Spanyol, 1 Copa del Rey, 3 Piala Super Spanyol, 1 Liga Champions, 1 Piala Winners, dan 1 Piala Super Eropa.

By the way sejumlah pelatih pernah menjalani perawatan atau operasi. Sir Alex Ferguson pernah menjalani operasi jantung pada 2004 dan tetap melatih hingga pensiun pada 2013 ini. Sementara Gerard Houllier mengalami masalah jantung pada April 2011 dan kemudian memutuskan berhenti melatih. Cruyff sendiri usai menjalani operasi pada 1991 juga masih menangani Barcelona hingga 1996. Lantas bagaimana dengan Vilanova ?

Tenun Ikat Kaos Kediri BatikJersey