Baju Jersey Bola

Hasil Balap F1 Spanyol 2012 di Sirkuit Barcelona - Kejutan Maldonado

Posted by Unknown on Senin, 14 Mei 2012

TIP Taruhan Bola dan Hasil Pertandingan Terbaru

Balap F1,- GP Spanyol 2012 benar-benar gila. Ruki Pastor Maldonado bikin kejutan besar. Atasi para pembalap top, ia juara dan akhiri paceklik tim Williams sejak 2004. Kemenangan Maldonado di GP Spanyol, Minggu (13/5), jadi kado istimewa bagi Frank Williams yang pada 16 April lalu genap berusia 70.

Pencapaian Maldonado di GP Spanyol begitu luar biasa. Maklum, baru tahun lalu pembalap Venezuela itu tampil di pentas Formula 1 bersama tim Williams. Artinya, ia cuma butuh 1 musim untuk merebut kemenangan pertama di pentas jet darat. Di Sirkuit Barcelona, Maldonado sempat terlibat duel sengit dengan Fernando Alonso, jagoan Ferrari. Meski terus mendapat tekanan, Maldonado tak goyah dan jadi pembalap pertama menyentuh finis.

Start dari pole position, Maldonado sempat disalip Alonso di tikungan pertama. Meski begitu, ia tak keder. Kunci sukses pembalap berusia 27 itu adalah mengambil alih pimpinan lewat strategi pitstop ke-2.

Dalam posisi memimpin, Maldonado masuk pitstop di lap 25 dan kembali ke lintasan berada di urutan 3 di belakang Alonso dan Kimi Raikkonen. Kemudian Alonso mengarahkan mobil ke pit pada lap 27. Tapi, begitu kembali ke trek, Alonso berada urutan 3 di belakang Kimi (belum masuk pit) dan Maldonado.

Padahal, saat pitstop pertama, Alonso lebih dulu masuk, yakni pada lap 11, sedangkan Maldonado masuk di lap 12. Kesalahan di pitstop ke-2 itulah yang membuat Maldonado memimpin lomba.

Alonso coba mengejar dan sempat menempel dengan jarak 0,7 detik di lap 52. Bahkan, jarak ke-2 pembalap kian rapat jadi 0,5 detik di lap 56. Alonso coba memancing gerakkan Maldonado sebelum masuk tikungan pertama, tapi gagal.

Selepas itu, Maldonado terus meninggalkan Alonso dengan jarak 1 detik lebih dan bisa dipertahankannya sampai finish. Alonso pun harus puas finis di podium ke-2.

Perubahan pada desain bagian belakang, terutama sistem saluran buang yang lebih merunduk, sedikit meningkatkan performa F2012. Tapi, tenaganya masih kalah cepat dibandingkan Williams, terutama setiap keluar tikungan.

Posisi 3 direbut Raikkonen. Berarti, tekad The Iceman memenangi balapan sirna. Upayanya mengejar Alonso kandas. Namun, hasil ini cukup membuat Lotus masuk di jajaran tim papan atas. Sukses Kimi diikuti rekan setimnya, Romain Grosjean, yang finis ke-4.

Nasib kurang beruntung mendera Sebastian Vettel. Pembalap Red Bull itu cuma bisa finis ke-6. Jika ia tak terkena ‘drive through penalty’, bukan tak mungkin bisa menembus podium juara.

Juara dunia 2010 dan 2011 ini harus menjalani hukuman melintas di pit karena tak mengurangi kecepatan saat bendera kuning dikibarkan. Padahal, pada lap 29, ia sudah menduduki posisi ke-6. Ia pun melorot ke urutan 9.

Hukuman serupa dijatuhkan kepada Felipe Massa yang juga tidak menurunkan kecepatan saat bendera kuning berkibar. Akhirnya, rekan setim Alonso itu finis di urutan 15.

Balapan kali ini diwarnai insiden antara Michel ‘Schumi’ Schumacher dan Bruno Senna. Schumi yang berusaha menyalip membuat gerakan slip-streaming. Tapi, jelang masuk tikungan, Bruno mengurangi kecepatan dan Schumi tak bisa menghindar. Ia menabrak. Ke-2 pembalap pun tak bisa lanjutkan lomba.

Hasil Lomba F1 GP Spanyol 2012 di Sirkuit Barcelona, Minggu (13/5):
Pos  Pebalap               Tim                           Waktu
 1. Maldonado           Williams-Renault        1 jam 39:09,145 menit
 2. Alonso              Ferrari                               + 3.195
 3. Raikkonen           Lotus-Renault                         + 3.884
 4. Grosjean            Lotus-Renault                        + 14.799
 5. Kobayashi           Sauber-Ferrari                     + 1:14.641
 6. Vettel              Red Bull-Renault                   + 1:17.576
 7. Rosberg             Mercedes                           + 1:27.919
 8. Hamilton            McLaren-Mercedes                   + 1:28.100
 9. Button              McLaren-Mercedes                   + 1:25.200
10. Hulkenberg          Force India-Mercedes                  + 1 lap
11. Webber              Red Bull-Renault                      + 1 lap
12. Vergne              Toro Rosso-Ferrari                    + 1 lap
13. Ricciardo           Toro Rosso-Ferrari                    + 1 lap
14. Di Resta            Force India-Mercedes                  + 1 lap
15. Massa               Ferrari                               + 1 lap
16. Kovalainen          Caterham-Renault                      + 1 lap
17. Petrov              Caterham-Renault                      + 1 lap
18. Glock               Marussia-Cosworth                     + 2 lap
19. De la Rosa          HRT-Cosworth                          + 3 lap

Tak Finish
    Perez               Sauber-Ferrari        38 lap
    Pic                 Marussia-Cosworth     36 lap
    Karthikeyan         HRT-Cosworth          23 lap
    Senna               Williams-Renault      13 lap
    Schumacher          Mercedes              13 lap