Baju Jersey Bola

Guardiola Belum Respon Perpanjang Latih Barcelona

Posted by Unknown on Rabu, 22 Februari 2012

Prediksi Bola
Berita Bola,-  Desakan agar Josep ’Pep’ Guardiola segera memperpanjang kontrak dengan Barcelona belum mendapat respons. Meski manajemen telah mengajukan proposal, sang entrenador belum bersikap.

Akhir pekan lalu, seusai Blaugrana menghajar Valencia 5-1 di Camp Nou, manajemen mengadakan pertemuan dengan Guardiola. Direktur Olahraga Andoni Zubizarreta dan Wakil Presiden Josep Maria Bartomeu menunjukkan sebuah draf kontrak berdurasi satu tahun kepada mantan nakhoda Barcelona B itu. Namun hingga selesai pertemuan, tidak ada tanda tangan yang dituliskan Guardiola pada draf kontrak itu. Yang ada, mereka justru berdiskusi sengit tentang target dan prioritas Barcelona musim ini.

Seusai pertemuan, Bartomeu mengatakan tidak ada alasan Guardiola menolak proposal perpanjangan kontrak yang disodorkan manajemen. Selain kenaikan jumlah salary yang signifikan, Bartomeu juga mengatakan, Guardiola tetap diberi hak penuh mengatur, menentukan, menjual ataupun membeli pemain yang diinginkan. Bartomeu tidak mengerti mengapa Guardiola belum juga bersedia membubuhkan tanda tangan. Namun, tangan kanan Presiden Sandro Rosell itu yakin Guardiola akan bertahan.

"Saya melihat Guardiola memiliki keinginan melatih tim ini untuk jangka waktu yang tidak sebentar. Namun, saya juga tidak tahu mengapa dia belum bersedia menyetujui proposal kami. Mungkin dia ingin menunggu waktu yang tepat hingga ada gelar yang didapat Barcelona lagi," ujar Bartomeu kepada Sport.

Sama seperti manajemen, keyakinan terhadap peluang Guardiola bertahan di Camp Nou juga keluar dari mulut para pemain. Xavi Hernandez misalnya, dia mengatakan tidak ada alasan masuk akal yang membuat El Azulgrana membiarkan Guardiola mencari klub baru. Menurut playmaker timnas Spanyol itu, Guardiola telah menganggap Barcelona sebagai klub sekaligus rumah yang sangat nyaman ditempati. Bahkan Xavi memastikan, darah yang mengalir dalam tubuh Guardiola adalah merah-biru seperti warna kostum Barcelona.

"Pelatih telah memberi kami kenyamanan saat bermain. Dia kunci sukses Barcelona dalam beberapa tahun terakhir. Kami mencintainya dan menginginkan dia bertahan. Kami bangga memiliki pelatih seperti Pep. Kami akan menunggu dia memperpanjang kontrak. Saya yakin ini hanya masalah waktu," ucap Xavi kepada El Mundo Deportivo.

Seperti Xavi, Lionel Messi juga mengharapkan sang pelatih segera memperpanjang kontrak agar konsentrasi tercurah penuh ke pertandingan-pertandingan yang akan dihadapi Barcelona. Peraih Ballon d’Or 2009, 2010 dan 2011 itu memastikan bertahannya Guardiola akan memiliki dampak sangat signifikan bagi masa depan Barcelona di Primera Liga, Liga Champions ataupun Copa del Rey. Messi percaya Guardiola pasti bertahan. Hanya pemain Argentina itu mengatakan, Guardiola saat ini sedang berpikir.

"Dia tahu apa yang kami pikirkan. Begitu pula kami tahu apa yang ada dalam kepalanya. Keputusan (memperpanjang kontrak) pasti akan dia ambil. Sebab, kami (para pemain) dan pendukung marih menginginkannya. Dia sosok penting di tim. Saya rasa, dia hanya butuh waktu untuk mempertimbangkan proposal klub," pungkas bintang berjuluk Messidona itu.

Guardiola menjadi pelatih tim senior Barcelona sejak 2008/2009 menggantikan Frank Rijkaard. Sejak saat itu, raksasa sepak bola Katalan tersebut menjelma menjadi salah satu tim paling ditakuti. Gaya main Barcelona dianggap yang terbaik di dunia pada masa kini. Sederet gelar juara juga sukses dipersembahkan Guardiola. Sebut saja, Primera Liga (3 gelar), Copa del Rey (1 gelar), Supercopa de Espana (3 gelar), Liga Champions (2 gelar), Piala Super Eropa (2 gelar) dan Piala Dunia Antarklub FIFA (2 gelar). (andri ananto)

5