Baju Jersey Bola

Manuel Neuer Tembus 1.038 Menit Clean Sheet

Posted by Unknown on Senin, 03 Oktober 2011

Tips dan Prediksi Taruhan Sepakbola
VIVA - BOLA,-  Rekor 10 kemenangan berturut-turut Bayern Munchen memang terhenti setelah ditahan imbang 0-0 Hoffenheim di Rhein Neckar Arena, Sabtu (1/10) kemarin. Namun FC Hollywood tetap bisa berbangga hati karena Manuel Neuer melanjutkan catatan impresif tidak kemasukan alias clean sheet selama 11 kali pertandingan resmi (1.038 menit).

Dengan 1.038 menit, Neuer sudah tercatat dalam sejarah kiper Jerman sebagai yang paling lama mempertahankan keperawanan gawangnya. Rekor di Bundesliga sebelumnya merupakan milik legendaris Oliver Kahn yang tercatat clean sheet 718 menit atau sekitar tujuh pertandingan. Hebatnya Neuer mencatatkan rekor ini pada musim pertama bersama Bayern Munchen setelah musim panas lalu bergabung dari Schalke 04.

”Yang paling penting pada hari ini (laga versus Hoffenheim), kami tidak kemasukan. Ini bukan hanya rekor saya, melainkan seluruh tim. Saya tidak mungkin mencatatkan clean sheet selama ini bila teman-teman tidak membantu. Kami bekerja sama untuk menggalang pertahanan. Saya ucapkan terima kasih,” ujar Neuer kepada Sky TV.

Dengan talenta dan kemampuan yang dimiliki plus solidnya pertahanan Bayern Munchen, Neuer berpotensi memperpanjang rekor clean sheet, setidaknya hingga pekan kesembilan Bundesliga, Sabtu (15/10). Pada pekan tersebut, Bayern Munchen akan menjamu Hertha Berlin di Allianz Arena. Di atas kertas, gawang Neuer berpeluang tetap perawan.

Namun pada laga selanjutnya setelah berhadapan dengan Hertha Berlin, usaha Neuer menjaga rekor clean sheet diyakini sulit. Sebab Bayern Munchen akan tampil di Liga Champions menghadapi Napoli, Selasa (18/10). Meski lawan-lawan yang akan dihadapi Bayern Munchen bertambah berat, Neuer tidak boleh menyerah. Pasalnya dia memiliki potensi memecahkan rekor clean sheet Eropa milik Dany Verlinden.

Kiper Belgia itu mencetak clean sheet 1.390 menit bersama Club Brugge. Di bawah Verlinden ada mantan kiper Manchester United, Edwin van der Sar. Pada 2008/2009, palang pintu Belanda itu mencatatkan clean sheet 1.311 menit. Sementara rekor dunia clean sheet hingga detik ini masih dipegang kiper Brasil, Matos Filho Mazaropi. Pada 1977/1978, kiper Vasco da Gama itu mencatat clean sheet 1.816 menit.

”Neuer adalah kiper berbakat dan yang terbaik di Jerman saat ini. Tim ini pasti membantunya memecahkan rekor itu. Apalagi penampilan bagusnya juga akan menguntungkan Bayern Munchen. Seperti yang terlihat pada laga hari ini (versus Hoffenheim). Terima kasih buat para pemain yang telah bekerja keras,” kata Pelatih FC Hollywood, Jupp Heynckes.

Heynckes mengatakan meraih hasil imbang melawan Hoffenheim dianggap adil dan masuk akal. Pasalnya dengan jadwal pertandingan padat dan konsentrasi yang terpecah untuk Bundesliga serta Liga Champions, para pemain Bayern Munchen sesungguhnya tidak 100% bugar menghadapi Hoffenheim. Beberapa pemain harus tampil dengan kondisi fisik yang tidak siap. Dampaknya, Bayern gagal mencetak gol.

”Menurut saya, hasil imbang ini normal. Para pemain menunjukkan semangat tinggi meski dalam kondisi lelah. Mereka pintar dan masih bisa bermain baik dan menampilkan sepak bola yang diinginkan fans,” pungkas pelatih yang sempat menukangi Real Madrid tersebut.