Baju Jersey Bola

Man City dan PSG Jadi Bintang Transfer Musim Ini

Posted by Unknown on Jumat, 02 September 2011

Bintang Transfer
VIVA - BOLA,-  Transfer window musim panas 2011 resmi ditutup, Rabu (31/8). Dua tim yang disokong dana Timur Tengah, Manchester City (Man City) dan Paris Saint Germain (PSG), dinobatkan sebagai klub paling royal.

Sepanjang musim panas ini Man City mengeluarkan dana lebih kurang 92,25 juta euro. Uang tersebut digunakan untuk menggaet beberapa pemain top, salah satunya Sergio ‘Kun’ Aguero. Klub berjuluk The Citizens mengeluarkan 45 juta euro untuk mantan punggawa Atletico Madrid itu. Sisanya untuk Samir Nasri dari Arsenal, Stefan Savic (Partizan Belgrade) dan beberapa pemain lainnya.

Sedangkan PSG merogoh dana 89 juta euro. Pengeluaran terbesar klub asal Ibu Kota Prancis ini untuk Javier Pastore dari Palermo. Les Parisiens membeli pemain berpaspor Argentina itu dengan banderol sekitar 43 juta euro.

PSG juga membeli sejumlah pesepak bola papan atas macam Jeremy Menez, Blaise Matuidi, Kevin Gameiro, Milan Bisevac hingga Momo Sissoko. Di penutupan transfer window, PSG meminang kapten Uruguay Diego Lugano.

”Saya sangat senang ada di Paris. Membela PSG adalah tantangan terbesar dalam karier professional saya. PSG adalah klub besar di Prancis yang ambisius. Tujuan saya adalah membantu klub ini meraih trofi,” ujar Lugano, dikutip ESPN Soccernet.

Situs transfermakrt.de menyebut klub paling royal dibawah Man City dan PSG adalah Juventus. La Vecchia Signora mengeluarkan 85,75 juta euro untuk sejumlah pemain. Salah satunya Virko Vucinic dari AS Roma. Setelah Juventus ada Chelsea yang membelanjakan 85,7 juta euro dan Roma (78,6 juta euro).

Pemain termahal The Blues adalah Juan Manuel Mata (Valencia), sedangkan di Il Lupo terdapat Pablo Osvaldo (Espanyol). Uniknya untuk ketegori pemain termahal, Man City dan PSG juga bersaing ketat. Aguero dan Pastore tercatat di transfer window musim panas kali ini sebagai pesepak bola termahal.

Kedua pemain Argentina itu hanya berselisih 2 juta euro (Aguero 45 juta euro dan Pastore 43 juta euro). Pastore sedikit layak berbangga hati karena nominal yang dibayarkan PSG untuk Palermo merupakan rekor transfer di Ligue 1. Dibawah Aguero dan Pastore terdapat Radamel Falcao Garcia, Fabio Coentrao dan Francesc ‘Cesc’ Fabregas.

Kembalinya Fabregas ke Barcelona juga menjadi kabar paling menggembirakan. Setelah sabar menanti tiga musim, akhirnya klub besutan Josep ‘Pep’ Guardiola itu berhasil mendapatkan tanda tangan Fabregas. Kedatangan mantan kapten Arsenal itu ke Camp Nou disambut gembira Los Cules–sebutan pendukung Barcelona. Bahkan hanya 10 hari di Katalan, Fabregas sudah membantu Blaugrana meraih dua trofi bergengsi (Supercopa Espana dan Piala Super Eropa).

”Berdasarkan hari terakhir bursa transfer, Liga Primer menghabiskan 442,8 juta euro untuk mendatangkan pemain. Hasil ini tidak jauh berbeda dengan musim panas 2007-2009. Saat itu pengeluaran berkisar 510-567 juta euro,” ujar Dan Jones, dari Sports Business Group Deloitte, dilansir Reuters.

Selain Inggris, Jones menjelaskan pengeluaran di liga-liga Eropa lain juga mengalami kemajuan. Beberapa klub yang sempat menunda belanja pada akhirnya juga mengalirkan dana ke transfer window.

”Belanja klub di liga-liga top Eropa juga sangat bagus. Di Italia ada Inter Milan yang mendatangkan Diego Forlan. Begitu pula Fiorentina dengan Santiago Silva maupun Palermo (Edgar Barreto),” pungkas Jones. (ramona)