Baju Jersey Bola

Jadwal Kick Off Primera Liga Spanyol Tertunda Lagi

Posted by Unknown on Rabu, 24 Agustus 2011

Primera La Liga Spanyol
VIVA - BOLA,-  Primera Liga Spanyol 2011/2012 nampaknya masih belum akan digelar dalam waktu dekat. Asosiasi Pemain Spanyol (AFE) dengan pihak penyelenggara (LFP) belum menemukan kata sepakat mengenai perselisihan hak para pemain.

Pertemuan AFE dengan LFP, Selasa (23/8), juga masih belum ada keputusan penting. Presiden Liga Spanyol (LFP) Jose Luis Astiazaran mengatakan, pertemuan lanjutan dengan AFE belum juga menemui titik temu. Sampai sekarang kedua belah pihak masih mencari solusi yang tepat agar penyelenggaraan Primera Liga musim 2011/2012 tidak terus tertunda.

”Kami masih berupaya mencari jalan terbaik untuk menyelesaikan konflik ini. Kami akan terus bertugas untuk memperbaiki keadaan. Tapi saya tidak bisa menjamin apakah kompetisi bisa digelar pada pekan ini,” ujar Astiazaran, setelah melangsungkan pertemuan selama enam jam dengan AFE di markas LFP, dikutip adifferentleague.

Pertemuan tersebut digelar untuk mengakhiri aksi mogok yang dilakukan para pemain. Aksi mogok terjadi karena Iker Casillas dkk meminta agar gaji yang tertunda segera dilunasi. Jika tidak, mereka sepakat tidak menginjakkan kaki di lapangan.

Menurut keterangan media masa, sedikitnya ada 200 pemain yang meniti karier di Spanyol, baik di Primera Liga maupun Segunda Divison yang belum menerima gaji. Jika ditotal, jumlahnya mencapai USD 70 juta. Bila itu belum dibayarkan, aksi mogok akan terus berlangsung. Itulah yang terjadi saat ini.

Karena belum adanya kesepakatan, penyelenggaraan Primera Liga pun belum diketahui. Padahal, menurut jadwal semula, laga pembuka seharusnya sudah berlangsung pekan lalu.

Menurut kabar yang beredar, Primera Liga baru akan dimulai pada 10 September. Itu juga bila AFE dan LFP sudah berdamai. Bila benar, berarti telah terjadi penundaan selama lima pekan. Itu bisa menimbulkan masalah baru, khususnya soal pengaturan jadwal.

”Posisi kami saat ini masih terpecah. Mustahil bagi kami untuk menyelesaikan masalah ini dalam tempo satu hari. Dalam dua atau tiga hari ke depan, kami akan mempelajari semua pilihan dan mencoba mencari jalan keluar,” kata Presiden AFE Luis Rubiales.

Soal pertandingan yang tertunda, LFP mengaku sudah menemukan waktu yang tepat untuk menggelarnya. Pertandingan yang seharusnya jadi pembuka, rencananya akan berlangsung pada 23 Desember. Laga yang semestinya terjadi pada pekan kedua dilaksanakan pada 28 Desember. Sementara untuk kompetisi lain seperti Copa del Rey akan diselenggarakan pada 20 dan 22 Desember.

Artinya, mereka hanya punya waktu istirahat satu hari dari leg pertama menuju leg kedua. Seandainya jadwal itu diberlakukan, jatah libur Natal dan Tahun Baru para pemain dipastikan berkurang. Sebab biasanya Kompetisi Primera Liga sudah reses mulai 17 Desember. (m. mirza)