Baju Jersey Bola

Manchester United Klub Tersukses Sedot Hak Siar TV

Posted by Unknown on Jumat, 19 Agustus 2011

Hak Siar Televisi
VIVA - BOLA,-  Barcelona boleh saja menang. Sekalipun di final Liga Champions musim lalu Lionel Messi dkk sukses menumbangkan Manchester United, tapi ternyata dari perolehan pendapatan hak siar mereka kalah.

Dari data yang dirilis Badan Sepak Bola Eropa (UEFA) klub berjuluk Setan Merah itu berada di urutan teratas dengan mengantongi 53,2 juta euro. Kemudian, Barcelona berada di bawah Manchester United dan mendapat uang senilai 51 juta euro, sedangkan pada posisi ketiga diisi Chelsea yang memperoleh 44,5 juta euro.

“Dari laporan secara keseluruhan, Manchester United memperoleh pendapatan paling besar. Musim lalu memang pertandingan mereka sangat mengagumkan, jadi sepertinya wajar sekali dengan pendapatan besar ini. Kemudian di daftar menyusul juara Liga Champions Barcelona,” demikian rilis dari UEFA di laman resmi mereka.

Secara keseluruhan, UEFA memiliki pendapatan khusus hak siar sebesar 754 juta euro dari penampilan 32 yang berpartisipasi pada kompetisi ini. Dana yang dibagikan UEFA ke klub sebesar 413 juta euro. Pendapatan itu dibagikan berdasarkan penampilan klub plus nilai pasar untuk siaran televisi.

Pendapatan paling kecil diperoleh MSK Zilina. Klub yang menjadi duta Slovakia itu hanya mendapat 7,4 juta euro. Raksasa Spanyol lain, Real Madrid, memperoleh 40 juta Euro, sedangkan Inter Milan hanya mengantongi 38 juta euro. Klub Italia lainnya, AC Milan, juga dapat pendapatan jauh lebih rendah. Klub milik Silvio Berlusconi tersebut hanya mendapat 25,7 juta euro. Perolehan mereka juga dikalahkan AS Roma yang mendapat 30 juta euro.

Kejutan lain datang dari klub Jerman, Schalke 04. Tim yang mampu melaju ke semifinal ini sukses mengalahkan Bayern Muenchen. Schalke meraup 40 juta euro, sedangkan Bayern hanya 32,5 juta euro. Begitu juga dengan klub Inggris. Tottenham Hotspur mendapat 31 juta euro. Klub besutan Harry Redknapp itu mampu mengungguli Arsenal yang hanya memperoleh 30 juta euro.

“Untuk perolehan musim lalu lebih banyak kejutan. Biasanya yang menjadi juara mendapat lebih banyak, tapi kali ini berbeda. Begitu juga dengan tim lain. Tottenham Hotspur dan Schalke bisa dikatakan sukses besar,” ujar petinggi UEFA.

Untuk Olympique Marseille, klub ini memperoleh hasil paling besar dengan total 25 juta euro dari Prancis. Perolehan mereka disusul Olympique Lyon dengan 22,6 juta euro. Namun musim 2011/2012 diprediksi akan lebih menarik. Sebab, ada beberapa klub yang menjadi perhatian fans, salah satunya mungkin Manchester City. Apalagi publik ingin menyaksikan lebih banyak bintang lapangan hijau bermain di ajang ini. Dan Manchester City memiliki bintang yang cukup banyak.

Pundi-pundi uang klub-klub yang bertarung di kompetisi tertinggi antarklub di Eropa itu berpeluang mendapat tambahan dana. Sebab pendapatan dari sektor lain di luar hak siar masih belum dirilis secara resmi. Namun UEFA menyatakan bahwa untuk pendapatan dari merchandise dan penjualan tiket, mereka tak menghitung. UEFA tidak mengurus itu karena organisasi yang dipimpin Michel Platini tersebut hanya menghitung pendapatan dari siaran pertandingan. (ramona)