Baju Jersey Bola

Kick-off Primera Liga Spanyol Akhirnya Ditunda

Posted by Unknown on Minggu, 21 Agustus 2011

Primera La Liga Spanyol
VIVA - BOLA,-  Kick-off Primera Liga Spanyol akhirnya ditunda. Perselisihan Asosiasi Pemain Spanyol (AFE) dengan otoritas Primera Liga (LFP) menemui jalan buntu dalam mencari jalan keluar atas masalah hak pemain.

Ancaman boikot AFE telah mengemuka di ruang publik pada pekan lalu. AFE meminta jaminan dari otoritas liga bahwa hakhak para pemain tetap dibayarkan, meski klub yang menaungi mereka pailit alias bangkrut. Jika permintaan ini tidak dikabulkan, para pemain dari Primera dan Segunda Division menolak bertanding pada dua pertandingan awal musim 2011/2012.

Sejumlah pertemuan sudah digelar untuk mencari jalan keluar masalah ini. Namun, hingga pertemuan terakhir, kemarin, AFE dan LFP tetap belum bersepakat.

“Hari ini (kemarin) kami meletakkan posisi-posisi kami di atas meja yang sangat berjauhan,” kata pemimpin LFP Jose Luis Astiazaran, dikutip Marca.

”Kami sekarang sedang berkonsentrasi untuk menyelamatkan pekan kedua,” ungkapnya.

Sementara itu, Presiden AFE Luis Rubiales, beberapa waktu lalu, menyayangkan sikap LFP yang belum mengambil sikap atas tuntutan AFE. Menurut dia, tidak ada pilihan bagi AFE selain mogok sebelum perjanjian anyar antara LFP dan AFE disetujui. Dalam kasus ini, AFE juga meminta LFP memberikan dukungan berlipat terhadap pemain yang terlilit masalah dengan klubnya lantaran gaji tidak kunjung dicairkan.

Sejumlah pesepak bola tenar Spanyol, seperti Iker Casillas dan Carles Puyol pun satu suara dengan AFE untuk memperjuangkan nasib rekan seprofesi mereka. AFE dan LFP dijadwalkan bertemu lagi pada Senin (22/8) untuk membahas masalah ini.

Awalnya LFP merilis jadwal kick-off Primera Liga 2011/2012 pada akhir pekan ini atau Sabtu (20/8) dan Minggu (21/8). Laga dua tim papan atas Primera Liga, Real Madrid dan Barcelona, juga tertunda. Real Madrid sedianya akan berhadapan dengan Athletic Bilbao. Juara musim lalu, Barcelona, akan bertemu Malaga.

Kapten Espanyol Luis Garcia bicara soal rencana mogok pemain. Pada El Mundo, Garcia menyatakan bahwa tiba saatnya bagi para pemain untuk bersatu. (fahmi faisa)