Baju Jersey Bola

Manchester United 2-1 Barcelona, Dendam Terbalaskan

Posted by Unknown on Minggu, 31 Juli 2011

VIVA - BOLA,-  Partai terpenting Manchester United dalam program pra musim di Amerika Serikat (AS) berjalan mulus dan sesuai target. The Red Devils berhasil membalas dendam kekalahan mereka di final Liga Champions dua bulan silam, dengan menaklukkan Barcelona, 2-1, dalam laga World Football Challenge, di FedEx Field, Washington DC, Minggu (31/7) pagi WIB.

Striker veteran, Michael Owen menjadi pencetak gol kemenangan pada menit ke-76, setelah memanfaatkan umpan matang gelandang Tom Cleverley, yang memerdaya Victor Valdes.

Sebelumnya, Barcelona sempat menyamakan kedudukan via tembakan melengkung Thiago Alcantara pada menit ke-70. Gol pemain timnas Spanyol U-23 tersebut, nyaris sama dengan apa yang dilakukannya saat berlaga di Audi Cup, pekan lalu.

El Barca tertinggal terlebih dulu pada menit ke-22, setelah umpan terobosan Danny Welbeck menemui Nani, yang langsung berhadapan dengan Valdez. Tanpa kesulitan berarti, sayap asal Portugal tersebut bisa menjebol jala jawara La Liga musim lalu itu.

Tidak hanya puas bisa membalas dendam, pelatih Sir Alex Ferguson juga sangat bahagia karena ia sudah mendapatkan bayangan tim inti untuk menjalani musim 2011/2012. Kekuatan utama di lini tengah menjadi hal yang paling mendapat perhatian.

“Performa para gelandang bagus, dan ini sangat krusial mengingat sudah tak ada lagi Paul Scholes dan Darren Fletcher masih dalam masa rehabilitasi terhadap serangan virus. Saya sudah memiliki solusi tepat. Tom Cleverley memang bukan yang terkuat secara fisik, tapi setidaknya dia bisa menjadi pioner kreasi pertandingan. Dia seorang pesepakbola yang makin berkembang. Begitu juga dengan rekan-rekan lainnya di area tengah, saya senang dengan apa yang mereka tunjukkan,” ujar Fergie, di situs klub, www.manutd.com, kemarin.

Dalam partai tersebut, kombinasi lini tengah Setan Merah terdiri dari Anderson, Tom Cleverley, Ashley Young dan Nani. Usai rehat, Gabriel Obertan menjadi pelengkap pembuka harapan Fergie di lini tengah, dengan barisan pemain muda. Fergie masih memiliki Park Ji Sung dan Michael Carrick, selain Fletcher tentunya.

Tidak hanya area sentral, lini depan juga terus memberi ancaman. Wayne Rooney, Dimitar Berbatov, Danny Welbeck, MIchael Owen dan Mame BIran Diouf, sukses menunjukkan ketajaman sepanjang laga di Amrik. Padahal kubu Old Trafford masih memiliki Javier Hernandez, yang sengaja tak dipasang untuk memberi masa istirahat setelah bermain di Piala Emas 2011.

“Kemenangan ini sangat penting, apalagi inilah yang kuharapkan dari lini depan. Mereka bisa berkombinasi satu sama lain. Mereka bermain bagus, dan saya sangat senang dengan kemenangan atas Barcelona ini. Sekarang, kami bisa pulang ke rumah dengan senang hati, dan berharap bisa menjaga performa ini sepanjang musim,” sebut Fergie.

Area pertahanan juga memberi kabar positif, setelah duet Phil Jones-Chris Smalling, yang dijajal pada 15 menit terakhir, tergolong lulus ujian. Mereka sudah bisa mendapat kesempatan lebih musim depan, selain makin moncernya Johnny Evans, Rafael dan Fabio Da Silva.

“United memang tampil lebih baik. Tapi setidaknya kami mendapat banyak pelajaran, terutama skuad muda kami. Saya beruntung karena lawan menurunkan tim inti. Saya yakin, pasukanku bisa membalas dengan lebih baik jika kami dipertemukan kembali di Liga Champions musim depan,” cetus Tito Vilanova, Asisten Pelatih Barcelona, di Sport.es.

Tito benar, ia layak berbangga dengan semakin matangnya Andreu Fontas, Jonathan Dos Santos, Thiago Alcantara, Ibrahim Afellay, Carlos Carmona, Armando dan Espinosa. Nilai positif juga layak diberikan pada gelandang Marti Riverola, Isaa Cuenca dan Ivan Balliu, yang mulai bisa beradaptasi dengan sistem permainan Los Azulgrana. (nurfahmibudi)

Susunan Pemain
Manchester United : De Gea; Evra (Smalling 46′), Vidic (Jones 78′), Evans, Rafael (Fabio 17′); Cleverley, Anderson (Giggs 45′), Young (Obertan 62′), Nani; Rooney (Owen 46′), Welbeck (Diouf 78′).
Barcelona : Valdes; Fontas, Abidal (Ivan Balliu 74′), Alcantara, Keita; Busquets, Iniesta (Riverola 78′), dos Santos; Villa (Carlos Carmona 62′), Pedro, Afellay (Isaac Cuenca 44′).

TAG : | |